SEJARAH

Dewan Perwakilan Mahasiswa FP UMY (DPM FP UMY) merupakan Lembaga Legislatif yang terlahir kembali, pasalnya hingga tahun 2006 di Fakultas Pertanian UMY telah memiliki lembaga legislatif bernama Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian. Namun karena beberapa hal, terjadi peleburan antara lembaga legislatif dan eksekutif di Fakultas Pertanian. Maka setelah masa itu terbentuklah Dewan Mahasiswa Fakultas Pertanian UMY (DEMA FP UMY). Setelah berjalan beberapa periode kepengurusan DEMA FP, dirasa kinerja Lembaga Legislatif perlu diadakan kembali guna mendukung kelengkapan dan kinerja organisasi lembaga mahasiswa di Fakultas Pertanian UMY. Pada KONGRES Keluarga Mahasiswa Fakultas Pertanian UMY tahun 2014, muncul gagasan untuk adanya Departemen Legislatif didalam struktur DEMA FP guna mempersiapkan fungsi lembaga legislatif di KM FP UMY. Pada tahun 2015 dalam KONGRES KM FP UMY muncul gagasan untuk Departemen Legislatif  bisa menjalankan fungsi legislasi lebih optimal lagi, bukan dalam koridor jalur koordinasi departemen di DEMA FP UMY. Akhirnya bertempat di Ruang F5 01, tertanggal 21 Juni 2015, Pukul 16.05 WIB dalam situasi KONGRES KELUARGA MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (KONGRES KM FP UMY) diputuskan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KM FP UMY.

Dalam Surat Putusan KONGRES KM FP UMY NO : 004/KONGRES KM FP UMY/2015 . Dewan Perwakilan Mahasiswa  yang kemudian disingkat DPM FP UMY adalah lembaga legislatif mahasiswa FP UMY , muncul kembali untuk menjalankan fungsi Lembaga Legislatif di KM FP UMY. Sebagaimana tersebut dalam BAB VII tentang KELENGKAPAN KEORGANISASIAN Pasal 12 ayat 2.

Diawal berdirinya DPM FP UMY memiliki tiga komisi guna menjalankan fungsinya. Dalam Garis Besar Haluan Kerja disebutkan ada Komisi Internal, Komisi Eksternal, dan Komisi Pengawasan. Berjalan Satu periode dinilai perlu adanya penambahan komisi dalam DPM FP UMY. Pada KONGRES KM FP UMY tahun 2016 pihak DPM FP sebagai Pemateri Draf Rekomendasi Sidang menambahkan Komisi Legislasi dalam GBHK DPM FP UMY guna memiliki focus pada perencanaan konsep kelengkapan organisasi dan legal drafting yang dirasa perlu diterapkan. Berdasarkan sidang putusan KONGRES tersebut untuk Kepengurusan DPM FP UMY periode 2016/2017 sekarang memiliki empat Komisi. Terdiri dari Komisi A (Internal), Komisi B (Eksternal), Komisi C (Pengawasan), dan Komisi D (Legislasi).